IBX5980432E7F390 Rangkumah Tabel Periodik Unsur Moderen - Sekolah Internet

Rangkumah Tabel Periodik Unsur Moderen

Pada postingan kali ini, saya akan membahasa mengenai Tabel Periodik Unsur Moderen. Tabel Periodik Unsur Modere yang sampai sekarang masih digunakan untuk mendaftar unsur-unsur di alam semesta. Saat ini terdapat kurang lebih 118 Unsur yang dibedakan menjadi 3. Silakan membaca artikel berikut ini untuk pemahaman mendalamnya
Rangkumah Tabel Periodik Unsur Moderen

Tabel Periodik Unsur Moderen

Tabel periodik unsur moderen biasa juga disebut dengan tabel periodik unsur panjang. Terdapat baris horizontal yang disebut dengan periode, dan baris vertikal disebut dengan golongan. Penentuan periode dan golongan telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Kita akan membahas mengenai sifat logam dan nonlogam, jari jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, elektronegativitas, kereaktifan, Rapat jenis, Tingkat kekerasan, dan Titik leleh titik didih.
Rangkumah Tabel Periodik Unsur Moderen

Sifat Logam dan Nonlogam

Dalam tabel periodik unsur, sifat nonlogam bertambah dari kiri ke kanan. Sebaliknya sifat logam dari kanan ke kiri makin bertambah. Hal itu karena dari kiri ke kanan elektron valensinya bertambah. Berikut ini adalah tabel perbedaan dari Unsur nonlogam dan unsur logam.


Unsur Logam
Unsur Nonlogam
Konduktor
Isolator
Mengkilap
Tidak mengkilap
Bersifat elektro positif
Bersifat elektro negative
Oksidasinya bersifat basa
Oksidasinya bersifat asan
Kerapatan tinggi
Kerapatan rendah
Padat
Rapuh

 Selain kedua unsur diatas masih terdapat satu unsur yang memiliki sifat mirip dengan kedua unsur terebut yang disebut dengan unsur semi logam atau unsur metaloid.

Jari-Jari Atom

Jari-jari atom adalah jarak dari pusat inti sampai dengan lintasan elektron paling luar dari atom tersebut. Jari jari atom dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti.

  1. Jumlah kulit elektron
    Makin banyak jumlah kulit yang dimiliki oleh suatu atom, maka jari-jari atomnya akan makin panjang.
  2. Muatan inti atom
    Makin besar muatan positif inti, maka makin besar gaya tarik inti terhadap elektron. Sehingga jari-jari atom makin pendek.
Secara umum jari-jari atom memiliki beberapa ciri jika.
  1. Dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari atom akan semakin besar.
  2. Dalam satu periode dari kiri ke kanan jari-jari atom akan semakin kecil.

Energi Ionisasi

Energi ionisasi adalah energi minimum yang diperlukan oleh suatu atom dalam bentuk gas untuk melepaskan elektron yang terikat paling lemah. Secara umum energi ionisasi adalah sebagai beriut.
  1. Dakan satu periode dari kiri ke kanan energi ionisasinya bertambah.
  2. Dalam satu golongan dari atas ke bawah energi ionisasinya makin kecil.
Hal tersebut karena dipengaruhi oleh jari-jari atom, semakin panjang jari jari atom, semakin kecil energi ionsisasinya.

Afinitas Elektron

Afinitas elektron adalah besarnya energi yang dilepaskan apabila suatu atom menarik sebuah elektron. Afinitas elektron dipengaruhi oleh jari-jari atom. Semakin besar jari jari atom maka nilai afinitas elektron lebih kecil. Secara umum afinitas elektron memiliki sifat.
  1. Dalam satu periode, dari kiri ke kanan Afinitas elektron semakin bertambah.
  2. Dalam satu golongan, dari atas ke bawah Afinitas eletron semakin kecil,

Elektronegativitas

 Elektronegativitas adalah kecenderungan ato dalam molekul yang stabi untuk menarik elektron. Secara umum elektonegativitas untuk sistem tabel periodik unsur moderen adalah sebagai berikut.
  1. Dalam satu periode, dari kiri ke kanan nilai elektronegativitas unsur akin bertambah. Hal ini karena muatan inti bertambah, sedangkan jari-jari atom mengecil.
  2. Dakam satu golongan, dari atas kebawah nilai skala elektronegativitas makin kecil, sebab dari atas ke bawah jari-jari atom bertambah.

Kereaktifan

Kereaktifan dipengaruhi oleh.
  1. Dalam tabel periodik unsru, kereaktifan logam bertambah dari kanan ke kiri dan dari atas ke bawah sesuai mengecilnya energi ionisasi.
  2. Dalam tael periodik unsur, kereaktifan nonlogam bertambah dari iri ke kanan dan dari bawah ke atas sesuai dengan membesarnay harga elektronegativitas.

Rapat Jenis

Dipengaruhi oleh.
  1. Dalam satu golongan, secara umum dari atas ke bawah rapat jenis makin besar, karena ukuran atom bertambah besar sesuai dengan bertambahnya inti atom.
  2. Dalam satu periode dari kiri ke kanan rapat jenis makin besar karena elektron valensinya bertambah.

Tingkat Kekerasan

Dapat dilihat dari kohesinya.
  1. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, energi kohesinya makin kecil berarti logam makin lunak.

Titik Leleh dan Titik Didih

  1. Dalam satu golongan dari atas ke bawah titik leleh dan titik didih tidak teratur karena dipengaruhi oleh perbedaan struktur logam.
  2. Dalam satu peiode dari kiri ke kanan titik leleh dan titik didihnya makin tinggi.
 Sekian artikel saya kali ini, jika ada kekurangan mohon dimaklumi. Semoga kita bisa mendapatkan nilai UN yang kita inginkan dan mendapat perguruan tinggi yang terfavorit.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Rangkumah Tabel Periodik Unsur Moderen"

Post a Comment