IBX5980432E7F390 Rangkuman Radiasi Elektromagnetik - Sekolah Internet

Rangkuman Radiasi Elektromagnetik

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan rangkuman dari mata pelajaran fisika mengenai Radiasi Elektromagnetik, bab ini biasanya terdapat pada buku siswa IPA kelas 12 semester 2. Berikut ini adalah rangkuman lengkap Radiasi Elektromagnetik.
Rangkuman Radiasi Elektromagnetik

Radiasi Elektromagnetik

Radiasi elektromagnetik sendiri memiliki pengertian kombinasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan merambat melewati ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain. Kita akan mempelajari materi Teori Farraday, Teori Maxwell, Sifat Gelombang elektromagnetik, Spektrum Gelombang elektrmagnetik, Uraian spektrum f /入, Manfaat gelombang elektromagnetik, dan yang terakhir bahaya gelombang elektromagnetik.

Hukum Faraday

 Hukum faraday merupakan lanjutan dari sebuah hukum listrik yang ditemukan oleh Hans Christian Oested. Menurut Hans Christian Oersted arus listrik dapat menghasilkan medan magnet. Namun Hukum Faraday menyatakan sebaliknya, apakah medan magnet dapat menghasilkan arus listrik? Jadi Michael Faraday berhasil menemukan temuan dan teori baru bahwa medan magnet juga dapat menghasilkan arus listrik yang sekarang disebut induksielektromagnetik.

Percobaan yang dilakukan oleh Michael Faraday adalah dengan memasukan sebuah magnet batang kedalam sebuah kumparan dengan kutub utar di depan dan kutub selatan dibelakang kemudian dihubungkan ke galvanometer, maka jarum galvanometer tersebut akan bergerak ke arah kanan. Sebaliknya jika magnet batang tersebut digerakan keluar maka jarum galvanometer akan bergerak keluar ke arah kiri.

Penyimpulan dari Michael Faraday bahwa GGL induksi yang ditimbulkan sebenarnya berbanding lurus laju dengan delta fluks (perubahan fluks) yang dibalut oleh kumparan sendiri. Teori ini dapat dirumuskan menjadi sebagai berikut.
Rangkuman Radiasi Elektromagnetik
Keterangan :
N = Jumlah lilitan
ε = GGL - induksi (volt)
Rangkuman Radiasi Elektromagnetik
 = Laju perubahan fluks magnet


Teori Maxwell

Menurut hipotesa Maxwell bahwa medan listrik yang berubah terhadap waktu akan menghasilkan medan magnet, sama halnya dengan medan magnet yang berubah terhadap waktu akan menghasilkan medan listrik. Dari adanya teori Maxwell akan menyatukan dua teori sebelum adanya teori gelombang ini yaitu teori Newton dan Hyugesa yaitu tentang ilmu cahaya. Menurut Maxwell cahaya aalah suatu bentuk radiasi gelombang elektromagnetik. Dengan teori Maxwell ini, Maxwell menghitung cepat rambat gelombang elektromagnetik dengan persamaan.
Rangkuman Radiasi Elektromagnetik
Keterangan :
C = cepat rambat gelombang elektromagnetik
μ = permeabilitas rang hampa = 4丌 x 10-7 Wb/Am
ε = permitivitas ruang hampa = 85418 x 10-12C2/N m2 
Dengan memasukkan harga harga tersebut maka diperoleh cepat rambat gelombang elektromagnetik sebesar c= 2,99792 x 108 m/s = 3 x 108 m/s.
 Nilai c= 2,99792 x 108 m/s = 3 x 108 m/s. sama dengan cepat rambat cahaya dalam ruang hampa. Dengah hasil tersebut m, maka Maxwell mengatakan bahwa cahaya termasuk gelombang elektromagnetik. Seperti gelombang mekanik cahaya juga mengalami refleksi (pemantulan), refraksi (pembiasan), interferensi, difraksi, serta polarisasi.

 Sifat Gelombang Elektromagnetik

Dari uraian diatas kita bisa menarik sifat sifat dari gelombang elektromagnetik beberapa sifat gelombang elektromagnetik adalah sebagai berikut.
  1. Dapat dipantulkan (refleksi)
  2. Dapat dibiaskan (refraksi)
  3. Dapat saling berinterferensi (memadukan)
  4. Dapat mengalami difraksi (pelenturan)
  5. Dapat mengalami dispersi
  6. Dapat mengalami polarisasi
  7. Dapat merambat di ruang hampa maupun dalam medium
  8. Dapat membentuk spektrum gelombang
  9. Sensitif terhadap mata
  10. Merupakan gelombang transversal
  11. merambat dalam arah lurus
  12. Kecepatan gelombang elektromagnetik diruang hampa sebesar 3 x 10m/s 

Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik meliputi gelombang cahaya, gelombang radio, sinar gamma, sinar X, mikro gelombang dll. Gelombang elktromagnetik tersebut hanya memiliki perbedaan pada frekuensi dan panjang gelombangnya. Mata manusia peka terhadap gelombang elektromagnetik sekitar 400 hingga 700 nm.
Rangkuman Radiasi Elektromagnetik

Uraian spektrum f /入

Gelombang elektromagnetik memiliki perbedaan pada panjang gelombang dan frekuensi yang dimiliki gelombang elektromagnetik terebut.

Manfaat Gelombang Elektromagnetik

 Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari adanya gelombang elektromagnetik ini, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Sinar Inframerah
  2. Gelombang radio
  3. Gelombang mikro pada microwave oven
  4. Gelombang mikro pada pada alat telekomunikasi
  5. Gelombang mikro untuk sistem radar dan navigasi
  6. Sinar X
  7. Sinar gamma.

Bahaya Gelombang Elektromagnetik

 Selain memiliki manfaat gelombang elektromagnetik juga memiliki kekurangan atau bahaya berikut ini adalah beberapa bahaya penggunaan gelombang elktromagnetik.
  1. Gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk lampu pijar menimbulkan suhu yang panas.
  2. Gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk rontgen dapat merusak sel saraf otak yang memicu penyakit alzheimer.
  3.  Tinggal dekat menara pemancar gelombang elektromagnetik dapat mempengaruhi kestabilan kekebalan tubuh dan menyebabkan penyakit alzheimer,
  4. Ultraviolet gelombang elektromagnetik dari matahari.
  5. dll.
Sekian pembahasan mengenai radiasi elektromagnetik ini. Semoga dapat menambah pengetahuan kita dan dapat mencapai nilai yang kita inginkan. Cukup itu. Terima Kasih.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Rangkuman Radiasi Elektromagnetik"

Post a Comment