IBX5980432E7F390 Informasi SNMPTN 2018 - Sekolah Internet

Informasi SNMPTN 2018

Beberapa jam yang lalu informasi SNMPTN keluar. Saya akan mengulasnya untuk anda. Selain itu anda juga dapat membacanya di website resmi SNMPTN. Saya hanya mengulasnya dan memberikan beberapa tips SNMPTN.
Informasi SNMPTN 2018

Informasi SNMPTN

SNMPTN adalah jalur pendaftaran perguruan tinggi negeri hanya menggunakan nilai akademik (nilai rapor) semester 1 sampai dengan semester 5 bagi SMA/SMK/MA yang memiliki massa ajar 3 tahun. Siswa yang dapat dan berhak mengikuti seleksi yakni siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasionl (NISN). Jadi kita wajib memiliki NISN. Untuk mengecek NISN bisa kita lakukan sendiri di website NISN.

Akreditasi Sekolah

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian yang biasanya dilakukan oleh pemerintahan dan atau lembaga mandiri yang mempunyai kewenangan. Ketentuan SNMPTN tahun 2018 ini sebagai berikut.
  1. Akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
  2. Akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
  3. Akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
  4. belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya;
Maksud dari 50% terbaik di sekolahnya adalah jika sekolah kita memiliki 300 murid dan kita ranking 80 kita bisa ikut dalam SNMPTN. Jadi murid yang ranking 1 sampai 150 akan memliki hak mengikuti seleksi SNMPTN. Namun jika kita tidak masuk dalam seleksi SNMPTN jangan sedih, kita
masih bisa mengikuti SBMPTN dan UM.

 Pengisian PDSS

  1. Kepala Sekolah dan atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah, untuk mengisi data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id
  2. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah memperoleh suatu password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  3. Siswa diharuskan melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang biasanya  diisikan oleh Kepala Sekolah atau orang yang diberi mandat oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
  4. Apabila siswa atau siswi tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang telah diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah, data yang diisikan dikatakan benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir, maka dari itu kita harus verifikasi data tersbut

Pemeringkatan

Panitia Pusat, menggunakan sistem yang telah ada, membuat ranking (pemeringkatan) siswa berdasarkan nilai mata pelajaran selama sekolah di SMA dari semester 1 - 5 sebagai berikut.
  1. Jurusan IPA: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi. 
  2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, dan Geografi.
  3. Jurusan Bahasa: Mata Pelajaran yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia juga, Sastra Indonesia, Matematika biasanya semua jurusan, Sosiologi, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing yang telah diajarkan di sekolah.
  4. SMK: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).
  5. MA Keagamaan: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Tafsir, Hadis, dan Fikih.
Dari pemeringkatan (ranking) prestasi siswa di dalam nilai akademik (nilai rapor) yang telah dikerjakan oleh Panitia Pusat, siswa yang telah memenuhi syarat, bisa dan diperbolehkan untuk mendaftar SNMPTN 2018 yang diselenggarakan oleh panitia.

Pendaftaran Online SNMPTN oleh Calon Peserta SNMPTN

  1. Buka situs pendaftaran SNMPTN, yaitu web.snmptn.ac.id (Situs Resmi),
  2. Login dengan  NISN  dan  Password  yang  telah diberikan oleh kepala sekolah, melalui guru kalian
  3. Isi  biodata,  pilihan  PTN,  dan  pilihan prodi (program  studi), kalian juga harus  mengunggah  (upload)  pas  foto  resmi  (lebih baik yang terbaru) dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
  4. Khusus bagi  siswa  yang  mendaftar  pada prodi (program  studi) keolahragaan  dan  seni,  Siswa tersebut diwajibkan  mengunggah  portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah SMA.
  5. Cek kembali kebenaran pengisian data diri anda, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
  6. Jika  semua tahap telah kalian lakukan, tahap selanjutnya cetak  kartu  tanda  peserta  SNMPTN 2017.
Catatan : Ingaattt !!!!. Sebelum anda mendaftarkan, pastikan data data and sudah benar.

 Jadwal SNMPTN

 Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
  1. Pengisian dan Verifikasi PDSS : 13 Januari – 10 Februari 2018 
  2. Pendaftaran SNMPTN : 21 Februari – 6 Maret 2018 
  3. Pengumuman Hasil Seleksi : 17 April 2018
Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi dilaksanakan hari Senin, 7 Mei 2018 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2018)

Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

  1.  Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya, apabila memilih satu PTN, pendaftar boleh memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. 
  2. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan 1 (satu) PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  3. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Siswa SMK hanya diizinkan memilih prodi (program studi) yang sama (relevan) dengan jurusan yang ditempuh selama di SMK dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
  5. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2018 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.
Contoh Pemilihan jurusan dalam SNMPTN:
Misalnya saya ingin mendaftarkan diri di UGM dengan fakultas Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Saya tinggal di Solo maka Universitas kedua yang harus saya pilih adalah yang satu provinsi yaitu Jawa Tengah. Jadi saya memilih di UNDIP dengan jurusan Teknik Elektro.

Jadi saya mengisi dengan prioritas pilihan pertama di UGM sebagai berikut:
  1. UGM fakultas Teknik Elektro
  2. UGM fakultas Ilmu Komputer
  3. UNDIP fakultas Teknik Elektro.
Untuk mendaftar, sebaiknya kita semua memenuhi persyaratan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku, tujuannya supaya kita semua ketika pada saat mendaftar, tidak perlu mengubah atau mempersiapkan yang lainnya.

Demikianlah info dari saya. Info diatas dapat kalian dapatkan selengkapnya di website resmi SNMPTN. Adapun ketentuan yang menyangkut pendaftaran, silahkan hubungi atau kunjungi web resmi SNMPTN.

Semoga kita dapat menggapai perguruan tinggi yang kita hendaki. Saya hanya mendoakan kita semua dapat lolos dan di terima di PTN maupun di Politeknik Negeri.

Sekian pembahasan kali ini. Terima Kasih.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Informasi SNMPTN 2018"

Post a Comment