IBX5980432E7F390 Analitik Tipe 2 SBMPTN - Sekolah Internet

Analitik Tipe 2 SBMPTN

Selamat pagi seemuanya, pada pembahsan kali ini merupakan lanjutan dari pembahasan sebelumnya. Hanya saja dibagi menjadi dua bab yang berbeda dalam buku-buku SBMPTN. Analitik Tipe 2 ini pertama kali muncul dalam soal SBMPTN tahun 2014 yang lalu. Secara garis besar analitik tipe 2 ini hampir sama dengan analitik tipe 1. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah soal. Pada analitik tipe 1 bacaan untuk 3 sampai 4 soal, namun analitik tipe 2 ini satu bacaan digunakan untuk hanya satu soal saja. Berikut materi analitik ini.
Analitik SBMPTN

Analitik Tipe 2 SBMPTN

Pada analitik tipe 2 ini saya kurang mendapatkan teori-teori. Saya hanya akan memaparkan soal-soal. Soal-soal analitik tipe 2 ini adalah sebagai berikut.
  1. Tino, Rudi, Iwan, Ucok, Ayok, Nono, Afif, dan Sam makan bersama di sebuah warung yang menjual soto dan sate. Mereka makan di meja bujur sangkar dimana setiap sisi diisi oleh dua orang. Tiga orang dari mereka memesan sate dan tidak duduk bersebelahan. Tino makan soto dan duduk besebrangan dengan alif yang memesan sate. Ucok dan Ayok duduk diantara Iwan dan Afif. Rudi duduk diantara Iwan dan Tino. Nono memesan sate demikian pula dengan teman yang duduk tepat disebrangnya. Siapakah yang duduk disebrang Nano?
    a. Sam
    b. Ayok
    c. Iwan
    d. Rudi
    e. Ucok
  2. Berdasarkan penelitian, sebanyak 75% dari 31 spesies karnivora menurun jumlahnya dalam satu dekade terakhir. Benua yang mengalami penurunan spesies karnivora paling besar adalah Afrika. Salah satu penyebabnya adalah perburuan liar oleh para kolektor. Akhir tahun lalu para ahli biologi dari seluruh dunia berkumpul untuk menentukan langkah yang tepat untuk mengantisipasi penurunan ini.
    Pernyataan di bawah ini yang paling tepat adalah ...
    a Spesies karnivora adalah jenis yang paling banyak penurunannya.
    b. Hewan karnivora mengalami kepunahan dalam sepuluh tahun terakhir.
    c. Para ahli biologi dan seluruh dunia berkumpul untuk membecirakan masalah kolektor.
    d. Salah satu cara untuk menangani penurunan spesies karnivora adalah penghentian pemburuan liar.
    e. Para ahli biologi konflik dengan para pemburu liar.
  3. Pada seleksi beasiswa ada 5 siswa (A, B, C, D, dan E) yang telah memenuhi kriteri pemberian beasiswa. Dari 5 orang siswa yang diseleksi, hanya 2 orang yang diberi pembebasan biaya masuk perguruan tinggi X.
  4. Siswa
    Nilia 1
    Nilai 2
    Nilai 3
    A
    70
    80
    70
    B
    80
    75
    75
    C
    80
    85
    90
    D
    80
    75
    80
    E
    80
    90
    70
    Beasiswa akan diberikan pada siswa yang memiliki rata-rata nilai tertinggi. Apabila ada siswa yang memiliki nilai yang sama, maka urutan nilai diutamakan adalah nilai 3, nilai 2, kemudian nilai 1. Siapakah yang paling mungkin mendapat beasiswa karena menempati peringat 1 dan 2 berdasarkan kriteria seleksi tersebut.
    a. A dan B
    b. B dan D
    c. C dan D
    d. C dan E
    e. D dan E
Tips dalam menjawab soal Analitik tipe 2 ini adalah sebagai berikut.
  • Jika memungkinkan, buatlah skema untuk memppermudah analisi.
  • Jika tidak mungkin, analisislah pilihan jawaban. Buang pilihan jawaban yang tidak sesuai dengan pernyataan yang ada pada soal.
Sekian materi Analitik Tipe 2 ini, semoga dapat menambah wawasan kita dalam menjawab soal SBMPTN dan soal-soal lainnya yang sejenis. Dan saya berharap dapat memberikan manfaat bagi kita semua dari artikel ini. Terima Kasih.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Analitik Tipe 2 SBMPTN"

Post a Comment