IBX5980432E7F390 Panduan Pelaksanaan SBMPTN - Sekolah Internet

Panduan Pelaksanaan SBMPTN

Panduan Pelaksanaan SBMPTN
 Bagi teman teman yang saat ini sedang kelas 3 SMA pasti sudah sibuk dengan memikirkan masa depan kita setelah lulus SMA. Untuk itu akan saya jelaskan panduan pelaksanaan SBMPTN.



Ujian tertulis melalui SBMPTN untuk tahun 2017 ada yang melaksanakan Ujian tertulis dengan Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT). Tujuan dari diadakannya SBMPTN adalah untuk :
  1. Menyeleksi calon mahasiswa baru yang diprediksi dapat menyelesaikan mata kuliah di perguruan tinggi dengan nilai yang memuaskan.
  2. Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.
 Dalam SBMPTN terdapat tiga kelompok yang akan diujikan seperti :

  1. Kelompok Ujian Saintek dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  2. Kelompok Ujian Soshum dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek dan TKD Soshum.
Mengenai biaya pendaftaran dari ujian SBMPTN tahun lalu sekitar Rp. 200.000. 

Cara Memilih Jurusan

Sebelum kita memilih jurusan kita juga harus mempertimbangkan bakat dan juga minat kita dalam jurusan tersebut. Perguruan Tinggi memiliki banyak jurusan. Kami akan menjelaskan bagaimana cara dalam memilih jurusan di Perguruan Tinggi yang baik adalah sebagai berikut :

Memiliki kemampuan di bidang tersebut

Sebelum kalian memilih, akan lebih baiknya kalian pastikan terlebih dahulu bahwa kita memilih prodi tersebut di bangku pekuliahan nanti merupakan bidang yang kalian kuasai. Kita jangan mengambil resiko terlalu besar dalam jurusan hanya karena masalah gengsi, urang bagus atau apalah. Karena dengan memilih jurusan studi yang sesuai dengan kemampuan kalian, maka tentu akan senang dalam menjalani hari hari dimasa kuliah dengan semangat belajar yang tiada henti, karena prodi yang kamu minati dan kamu ingin kuasai. Pesan saya, jangan patah semangat, sekali patah butuh proses dalam memulai kembali.

Memilih jurusan berdasarkan ketertarikan dan minat 

Di saat kita menemui kebuntuan dalam menjalani pelajaran, maka kita tetap akan menjalani dan merasa bangga dan senang. Dengan begitu, Dalam menguasai sebuah mater kita akan terasa lebih mudah dan hasilnya memuaskan saat kita sudah lulus. Kita akan menjadi seorang yang lulus yang dapat menguasai teori dalam bidang yang kita pelajari dengan baik dan lebih paham.

Lokasi dan biaya

Untuk biaya sendiri jangan terlalu dikhawatirkan, yang penting bagaimana semangat kita dalam menjalani masa kuliah. Jangan kita bebankan biaya sebagai faktor utama sebagai penghalang kalian untuk kalian meraih impian di PTN yang kita idam idamkan. Untuk lokasi sediri kita tak perlu khawatir, pengalaman dari orang yang telah berkulah di jauh berkata "sama aja dengan bersama orang tua, yang penting kita bisa memanajamen keuangan kalian sehemat mungkin, keuntungan dari kita kuliah jauh. Kita bisa belajar cara kita menjadi mandiri, dan pesannya jangan sampai ikut sama orang yang anggap kalian kurang baik, cari teman yang membuat kalian semangat dalam belajar." Itulah sepenggal kata dari orang yang sukses di PTN dan berlokasi jauh dari rumah. Untuk biaya sendiri kita bisa mencari beasiswa, karena sekarang untuk mencari cita cita kita dibantu dengan berbagai beasiswa beasiswa.

Daya tampung setiap jurusan peluang diterima

Kita wajib memperhatikan daya tampung jurusan di Pergutuan Tinggi dan Perguruan Swasta favorit yang kita hendaki. Pada umumnya, sebuah PT favorit memiliki daya tampung yang memiliki suatu batas dan sebagai idaman oleh kebanyakan orang. Jangan jadikan sebuah beban untuk diri kita sendiri dengan pilihan untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan jurusan yang notabene sebagai favorit di Universitas tersebut. Kita harus pandai pandai mengukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit itu.

Masa depan akan terjamin karena karir dan pekerjaan

Memang benar kita harus berfikir mengenai setelah kita lulus kuliah kita harus menjadi apa ?? Apa benar jurusan yang kita akan ambil setelaj kita mendapatkannya, maka kitadapat mengantar kita untuk mendapatkan sebuah pekerjaan dan dengan karir yang memuaskan? dan memang saat ini banyak jurusan yang pada kali ini lulusannya menganggur tidak bekerja. Memang bukan hanya suatu jurusan tertentu untuk memasuki sebuah profesi, contoh bank guru saja kita bisa masuk di bank. karena saat ini dalam melakukan penambahan anggota kedalam suatu perusahaan dalam mencari seorang yang benar benar ingin bekerja dan dapat menemukan tenaga kerja tidak melihat orang orang, hanya dari latar belakang manapaun, tapi kita tetap juga perli terdapat pengalaman yang sungguh berarti untuk kita.dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman. Semua itu memang benar. Tapi ada yang harus kalian tahu. Yakni Semangat dalam meraih cita cita, karena kunci dari semua orang sukses yakni tidak mudah putus asa, jika kalian mengalami kegagalan ulangi kembali dan rasakan kesuksesan pada akhirnya. dan juga pertimbangkan juga orang tua. Karena orang tua kita tidak mengharapkan sesuatu apa apa mengenai harta kalian. Yang orang tua ingin lihat yakni kesuksesan anak anaknya. Cukup sedikit itu bagaimana cara kalian dalam menyukseskan karir kalian

Pertimbangan pertimbangan spiritual dan agama

Kita memang bagian dari prodi dan PTN dengan terdapat kepercayaan kita anut. Dalam kasus tertentu, bisa saja berakibat pada hubungan sosial kemasyarakatan, tapi tergantung diri kita dalam menyikapi tersebut. Bagi saya sendiri, ambil yang baik buang yang jelek. maka dari itu cukuplah percaya kepada orang lain, tapi jangan terlalu percaya terlalu over, intinya yang sedang saja. Untuk Spiritual yaitu tergantung kita sendiri bagaimana kita akan menajalani kehidupan tersebut. Ingat Indonesia merupakan Negara yang sangat menjunjung tinggi persatuan, maka dari itu kita hanya perlu berpartisipasi dalam mensukseskan negara dengan kesatuan paling tinggi. Coba kalian bayangkan jika kalian merupakan salah satu bagian perjuangan kesatuan Indonesia di era sekarang, dan itu tercapai dimasa datang. kalian pasti bangga kepada diri kalian saat kesatuan tersebut tercapai. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan jika kalian tidak memulainya dengan proses, mari kita perjuangkan jangan gentar. Jangan malu dalam berbuat. Karena baik dan buruknya suatu yang kita lakukan dan kalian anggap baik, orang lain tidak bisa menilai. Kita serahkan semua urusan kita hanya pada yang kuasa. Semoga dengan ini kalian dapat memantapkan pilihan kalian dan melakukan yang terbaik untuk negara kalian.

Itu tadi penjelasan dan cara cara untuk memilih jurusan di Pergutuan Tinggi. Jangan sampai kita memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan bakat kita, jika kita memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat serta bakat kita, kita tidak akan bisa menikmati hari hari di masa kita kuliah serta hasilnya tidak akan semaksimal jika kita memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan juga bakat kita.

Tips dan Trik Beajar dengan Efektif

Sebelum menghadapi SBMPTN kita harus mempersiapkannya dengan matang, setidaknya kita harus belajar SBMPTN selama 6 bulan untu mendapatkan PTN yang favorit. Berikut akan kami ulas mengenai Tips belajar efektif.

Membuat catatan atau intisari pelajaran

Pada saat mempelajari materi pelajaran, pasti terdapat bagian bagian penting. Bagian bagian penting inilah yang sebaiknya dibuat catatan di buku tersendiri. Dalam blog ini kami juga akan membuat catatan yang akan membantu untuk mempelajari materi pelajaran.

Membuat konsep, bukan hafalan

Ketika belajar, alangkah baiknya jika kita tidak hanya membacanya, tetapi juga menghafalkannya, dan alangkah sempurnanya jika kita juga memahami konsepnya. Dengan cara ini kita akan lebih mendalami materi tersebut, sehingga tidak mudah lupa dan bisa diaplikasikan secara menyeluruh walaupun tipe soalnya berubah-ubah.

Membuat mind mapping

Setelah memahami konsep yang ada, agar kita tidak mudah lupa dan untuk mempermudah memahami konsep tersebut, buatlah mind mapping. Mind mapping adalah cara untuk mencatat dengan hanya menuliskan kata kuncinya saja dan menghubungkannya dengan sebuah garis dan disertai gambar. Perpaduan antara hal hal tadi akan membantuk menjadikan sebuah bentuk asosiasi di kepala kita, dan ketika kita melihat sebuah gambar itu, maka kita akan paham mengenai penjelasan dari berbagai ribuan kata ribuan kata yang dapat mewakili sebagian kata kunci dari gambar tersebut.

Membuat rangkuman rumus

Selain membuat mind maping untuk meringkas materi dan memudahkan mengingat, membuat rangkuman rumus-rumus yang penting juga bisa membantu.

Mencoba menjadi 'guru'

Setelah melakukan cara-cara di atas, cara terakhir inilah yang paling ampuh. Yaitu menularkan ilmu yang telah kita pelajari kepada teman-teman. Jika kita menghafal atau memahami konsep, maka itu hanya akan hafal dalam pikiran saja. Namun, jika kita juga menularkan ilmu itu, maka akan timbul juga pengalaman. Jadi, teknik ini akan "mengekalkan" hafalan kita.

Hal-hal yang Harus Dilakukan pada Saat Ujian SBMPTN

Terkadang kita sangat siap sebelum hari H pelaksanaan tes ujian PTN. Namun, seringkali ketika hari H-nya dan apalagi sudah memasuki ruang ujian, mental kita menjadi terpuruk. Alhasil, pengerjaan soal-soalnya pun kurang maksimal. Agar dapat mengerjakan dengan maksimal dalam tes SBMPTN, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Survei tempat

Jika belum tahu lokasi dan tempat pelaksanaan tes, alangkah baiknya jika sehari sebelum tes kita sudah survei terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar esok harinya tidak gugup dan sudah mengetahui gambaran lokasinya.

Datang lebih awal dengan persiapan yang matang

Ketika berangkat tes, pastikan semua alat tulis yang kita butuhkan sudah dibawa, seperti pensil, pulpen, penghapus karet, penggaris, dan tidak lupa kartu ujian, serta identitas diri.

Tetap tenang dan percaya diri

Mengingatkan diri-sendiri bahwa kita sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan sengat baik.

Preview soal-soal terlebih dulu

Sebaiknya luangkan 10-20% dari keseluruhan waktu tes untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam. bisa kalian tandai kata kunci dan putuskan berapa waktu atau beberapa kecepatan/waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika membaca soal-soal, bisa kalian catat juga ide-ide yang muncul yang hendak digunakan sebagai sebuah jawaban.

Jawab soal-soal ujian secara strategis

Mulialah dengan menjawab pertanyaan yang mudah, selanjutnya soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Untuk pertanyaan yang harus dikerjakan untuk terakhir, sebagai berikut: soal paling sulit, yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya, dan yang memiliki nilai terkecil.

Analisi hasil ujianmu

Setiap ujian yang ada dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah.

Berikut uraian mengenai cara-cara serta tips dalam menghadapi SBMPTN. Untuk menghadapinya kita harus menyiapkan SBMPTN dalam waktu yang lama.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Panduan Pelaksanaan SBMPTN"

Post a Comment