IBX5980432E7F390 Materi UN Bahasa Inggris - Sekolah Internet

Materi UN Bahasa Inggris

Seperti yang telah kita ketahui bahwa mata pelajaran bahasa Inggris terbagi menjadi 2 materi, yaitu listening dan reading. Kali ini saya akan membagikan materi Bahasa Inggris dan beberapa contohnya. Untuk itu saya berharap dapat membagikan beberapa pengetahuan saya.
Materi UN Bahasa Inggris

Materi UN Bahasa Inggris

Dalam pelajaran bahasa Inggris kita di sekolah, kita telah diajarkan mengenai Teks Fungsional Pendek (Short Functional Texts) dan Esei (Texts). Kita harus menguasai teks fungsional pendek (short functional texts) antara lain.
  1. Announcement (pengumuman)
  2. Invitation (undangan)
  3. Notice (pemberitahuan)
  4. Letter (surat)
Selain teks fungsional pendek, kita juga harus menguasai teks esai. Enam teks yang terdapat dalam esai antara lain.
  1. Descriptive
  2. Recount
  3. Narrative
  4. Procedure
  5. Report
  6. Exposition
  7. Biography
  8. News item
Dalam materi UN mata pelajaran bahasa Inggris terdapat 11 hal yang harus anda kuasai. Kita harus menguasai 11 hal ini, karena hal ini sering keluar dalam UN. Berikut 11 hal yang harus anda kuasai sebagai bekal UN bahasa Inggris kita.
  1. Gambaran umum
    Soal ini biasanya ditandai dengan pertanyaan "What is the topic of the conversation?", "What is the monologue about?", "What is the text about?", "What does the talk about?", "The text tell us about ....".

    Gambaran umum suatu teks berisi informasi tentang isi teks cesara keseluruhan. Jawaban dari soal seperti ini diketahui dari memahami isi teks.
  2. Tujuan Komunikatif
    Soal ini biasanya ditandai dengan pertanyaan "Why is the text written?", "What is the purpose of the text ...", "Why did Sandra write the letter?", "What is the objective of the text?".

    Kita perlu mengetahui jenis teks dan memahami isinya agar bisaenjawab pertanyaan seperti ini. Setelah itu, Kita dapat menentukan tujuan konunikatifnya. Tujuan komunikatif suatu teks dapat diketahi dari simpulan isi teks, judul teks, atau kata/ kalimat dalam teks.
  3. Informasi tersurat
    Soal ini biasanya ditandai dengan pertanyaan, misal "What does the boy want?"
    Jawaban atas soal seperti ini tertera dengan jelas dalam teks sehingga dapat ditemukan dengan cepat.
  4. Makna Ungkapan/ Kata
    Soal ini biasanya ditandai dengan pertanyaan "The underline word is cloest meanning to ...", "What is the coest meaning of the underline word?", "The underline word is most cloesly associated to ...", "The underline word mean ..."

    Kita harus menguasai banyak kosa kata untuk menjawab soal yang bertipe seperti ini.
  5. Ungkapan yang tepat untuk melengkapi percakapan
    Soal ini biasanya ditandai dengan pertanyaan "How will the man reply to the woman's statement?", "How does the man likely reply", "What is the best response?", "What does the man say to respond to the woman's statement."

    Kita harus memahasi ungkapan yang disampaikan sehingga dapat memilih jawaban yang benar.
  6. Ungkapan yang sesuai dengan teks monolog
    Soal semacam ini terdapat pada bagian listening, biasanya ditandai dengan pertanyaan "Which picture goes with the monologue?", "Which picture suits the monologue?".
  7. Penentuan teks dalam kehidupan sosial
    Jawaban utuk soal semacam ini secara implisit ditunjukkan melalui kalimat-kalimat dalam teks sehingga tidak langsung ditemukan di dalam teks.

    Soal ini biasanya ditandai dengan pertanyaan "The text is intended for ...", "Who will be more interseted reading the text?", "Who do you think will most likely read the text?", The text is most probably found in ...", "Who is the text addressed to?".
  8. Jawaban atas pertanyaan informasi tersirat
    Informasi tersirat adalah informasi yang tidak dijelaskan secara nyata dan tertulis jelas dalam teks. Informasi ini dapat diketahui dengan cara menyimpulkan kalimat-kalimat dalam teks. Misal, disajikan sebuah teks biografi yang di dalamnya terdapat kalimat "All eyes were upon the young woman whom many regarded as immoral (sintul) or simply mad". Kemudian ditanyakan "Why did Dr. Blackwell have difficulties in reching her dreams?. Jadi jaabnanya yaitu "There was innequality betwen men and woman.".

    Bagian listening kalimat tanya yang dapat digunakan untuk menanyakan informasi tersirat du antaranya "Who are the speakers?", "Whensoes the dialogue take place?", "Where does the dialogue take place?".
  9. Pikiran utama paragraf
    Soal ini biasanya ditandai dengan pertanyaan "What is the man idea of paragraph three?" atau "Paragraf II tell us about.."
    Pikiran utama suatu paragraf biasa terletak di awal atau akhir kalimat paragraf tersebut. Pikiran utama tidak selalu di kalimat pertama namun bisa juga kalimat kedua atau yang lain.
  10. Simpulan teks yang dibaca
    Contoh bentuk soal semacam ini diantaranya "According to the text ....", "We can infer from the text that ...", "What is the best title for the text?", "Form the text we can conclude that ...", "What can we conclude from the text?"
  11. Simpulan fungsi/ akibat/ efek setelah membaca teks
    Bentuk pertanyaannya, misal "After reading the text, people may feek ...", "it is expeced that ....", "What can we learn from the story?", "What should we do after reading the text?, "What will the man and woman do?", "What would happen if..?".
Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Saya berharap kita dapat mendapatkan nilai yang bagus dalam UN dan mendapatkan perguruan tinggi yang kita inginakan.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Materi UN Bahasa Inggris"

Post a Comment